Usaha Indomaret Menatap Pasar
Nama Brand
|
: Indomaret
|
Tahun Berdiri
|
: 1988
|
Badan Hukum
|
: PT. Indomarco Prismatama
|
Pemilik
|
: PT. Indomarco Prismatama
|
Jumlah Outlet
|
: Lebih dari 10.000
|
1.
Latar Belakang
Indonesia
dengan jumlah penduduk ke-empat terbanyak di dunia memiliki potensi yang besar
bagi pasar ritel. Sejalan dengan berkembangnya waktu dan perubahan gaya hidup
masyarakat yang berpengaruh pada pola konsumtif atau gaya belanja, kegiatan
bisnis ritel atau bisnis eceran modern di Indonesia. Industri ritel tumbuh
pesat dengan menjamurnya pasar modern.Yang dimaksud dengan pasar modern adalah
swalayan yang mana pelayanannya dilakukan sendiri oleh konsumen karena toko
tidak menyediakan pramuniaga yang khusus melayani konsumen. Bentuk kegiatan
perdagangan eceran modern yang bergerak pada sektor industri ritel umumnya
berupa hypermarket, supermarket, minimarket. Dengan adanya bisnis ini
diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat modern saat ini yang
menginginkan sesuatu yang efektif dan efisien.
Indomaret
adalah jaringan peritel waralaba di Indonesia. Indomaret merupakan salah satu
anak perusahaan Grup Salim. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang
menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan
kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama, cikal bakal
pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta
Utara, pada tahun 1988. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai
waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230
gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan "Perusahaan Waralaba
2003" dari Presiden Megawati Soekarnoputri. Hingga 2014 Indomaret mencapai
10.600 gerai. Dari total itu 2.444 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1.817
gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabodetabek,
Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogjakarta, Bali, Lampung, Medan,
Palembang, dan Samarinda. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai. Indomaret
mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum
karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto "mudah dan
hemat". Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non-makanan tersedia
untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Didukung oleh 12 pusat distribusi, yang menggunakan teknologi
mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Pada
awal tahun 2011, Indomaret mengubah logo baru, yaitu logo Indomaret di dalam
kotak berwarna merah, biru dan kuning dari atasnya. Keberadaan Indomaret
diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir,
BSD Plaza dan Charmant.
2.
Sejarah Muncul dan berkembangnya Indomaret
Bisnis
waralaba kini telah menjamur di Indonesia. Perkembangannya yang pesat
mengindikasikan sebagai salah satu bentuk investasi yang menarik, sekaligus
membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri dengan tingkat
kegagalan yang rendah. Meski bisnis waralaba yang ditawarkan semakin beragam,
namun untuk menjatuhkan pilihan terhadap bisnis waralaba secara tepat,
terkadang mengalami kesulitan. Padahal pilihan awal akan sangat menentukan. Ada
hal mendasar dalam menentukan pilihan. Paling tidak bidang usahanya stabil dan
berprospek serta track record pewaralaba (franchisor) baik dan berpengalaman.
Sebagai strategi ekspansi yang melibatkan modal pihak lain, bisnis waralaba mau
tidak mau harus transparan dan konsepnya saling menguntungkan serta saling
percaya di antara pewaralaba dengan terwaralaba (franchisee). Minimal selama 5
tahun bisnis waralaba tersebut mampu membuktikan sebagai perusahaan sehat, yang
didukung oleh sistem dan format bisnis.yang.telah.teruji.
Bidang
usaha yang relatif stabil adalah bisnis ritel. Di Indonesia bisnis ini terus
berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat.
Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari
adalah minimarket. Indomaret yang tetap konsisten berkecimpung di bidang
minimarket (lokal) dikelola secara profesional dan dipersiapkan memasuki era
globalisasi. Tahun 1997 Indomaret melakukan pola kemitraan (waralaba) dengan
membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola
sendiri gerai Indomaret. Pola waralaba ini ditawarkan setelah Indomaret
terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai , yang didukung oleh sistem
dan format bisnis yang baik. Pengalaman panjang yang telah teruji itu mendapat
sambutan positif masyarakat, terlihat dari meningkat tajamnya jumlah gerai
waralaba Indomaret, dari 2 gerai pada tahun 1997 menjadi 1097 gerai pada Mei
2008. Program waralaba Indomaret yang tidak rumit terbukti dapat diterima
masyarakat. Bahkan, sinergi pewaralaba (Indomaret) dan terwaralaba (masyarakat)
ini merupakan salah satu keunggulan domestik dalam memasuki era globalisasi.
Dalam
mencermati bisnis baru, kadang pebisnis hanya terfokus pada keuntungan
finansial. Padahal banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh, khususnya yang
membeli hak waralaba, dan Indomaret memberikan berbagai keuntungan sehingga
dapat menjadi kekuatan bagi yang hendak memasuki dunia wirausaha.
PT.
Indomarco Prismatama adalah perusahaan swasta nasional pengelola jaringan minimarket
Indomaret dengan akta notaries No. 207 dan SIUP No.789/0902/PB/XII/88.
Indomaret merupakan salah satu jaringan minimarket di Indonesia yang
menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan
kurang dari 200 M2. Awal terbentuknya perusahaan ini dimulai dari sebuah toko
Indomaret yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari hari yang
pertama kali dibuka pada tahun 1987.
PT.
Indomarco Prismatama mulai memperkenalkan sistem kemitraan kepemilikan dan
pengelolaan gerai dengan cara waralaba dan mengembangkan bisnis gerai waralaba
pertama di Indonesia. Pada Mei 2003, sistem waralaba Indomaret telah terbukti
keberhasilannya dengan diperolehnya penghargaan dari Presiden Republik
Indonesia saat itu yaitu Presiden Megawati Soekarno Putri sebagai Perusahaan
Waralaba Nasional 2003. Hingga September 2010. Segmen pasar yang menjadi
sasaran Indomaret adalah konsumen dari semua kalangan masyarakat sehingga
penempatan lokasi gerai-gerai Indomaret dapat dengan mudah ditemukan di mana saja
seperti daerah perumahan, gedung perkantoran, dan fasilitas umum. Penempatan
lokasi gerai yang strategis, yang sesuai dengan motto Indomaret yaitu “Mudah
dan Hemat”, ditujukan untuk memudahkan Indomaret melayani sasaran demografisnya
yakni keluarga.
Hubungan
kerja sama yang dijalin dengan lebih dari 500 pemasok membuat Indomaret
memiliki posisi yang baik dalam menentukan produk-produk yang akan dijualnya.
Selain itu, sistem distribusi yang didukung oleh jaringan pemasok yang handal
dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia
yang kompeten menjadikan Indomaret sangat efisien dalam mendistribusikan
produknya sehingga Indomaret mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada
para konsumennya. Strategi pemasaran Indomaret juga diintegrasikan dengan
kegiatan-kegiatan promosi yang dilaksanakan sehingga Indomaret dapat secara
berkala menjalankan berbagai program promosi seperti memberikan penawaran harga
khusus, undian berhadiah maupun hadiah langsung. Laju pertumbuhan gerai Indomaret
yang pesat dengan jumlah transaksi 14,99 juta transaksi per bulan juga didukung
oleh sistem teknologi yang handal.
Sistem
teknologi informasi Indomaret pada setiap point of sales di setiap gerai
mencakup sistem penjualan, persediaan dan penerimaan barang. Semua hal diatas
ditunjukan dengan pengelolaan struktur organisasi yang sistematis, yaitu
terdiri dari atasan sampai kepada penjaga toko / gerai indomaret memiliki tugas
pokok dan fungsi masing – masing dala hal mencapai visi dan misi. Tidak hanya itu
Indomaret sendiri memiliki sistem distribusi yang dirancang seefisien mungkin
dengan jaringan pemasok yang handal dalam menyediakan produk terkenal dan
berkualitas serta sumber daya manusia yang berkompeten, menjadikan Indomaret
memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.
Dalam
hal sasaran pasar indomaret, adalah konsumen semua kalangan masyarakat. Lokasi
gerai yang strategis dimaksudkan untuk memudahkan indomaret melayani sasaran
domografisnya yaitu keluarga. Strategi pemasaran indomaret diintegrasikan
dengan kegiatan promosi. Secara berkala indomaret menjalankan program promosi
dengan berbagai cara, seperti memberikan harga khusus, undian berhadiah maupun
hadiah langsung.
Kemunculan
gerai indomaret ternyata tidak serta merta membawa perubahan ataupun kebaikan
kepada semua kalangan (konsumen maupun pedagang kecil /grosir). Tersebarnya
gerai – gerai tersebut malah membawa dampak yang cukup negatif terhadap
pedagang – pedagang grosir yang juga menawarkan barang seperti di gerai
indomaret. Akan tetapi gerai – gerai indomaret bukan usaha perorangan namun
satu badan usaha yang dikelola dengan sistem perkulakan, yakni barang – barang
yang akan dipasarkan didapatkan dari PT Indomarko sehingga barang akan selalu
ada tidak tergantung pada modal usaha. Hal tersebut diatas semakin membuat
terpuruknya omset pedagang grosir yang hanya menawarkan harga sesuai dengan
biasanya.
Gerai
indomaret juga melakukan inovasi terhadap fitur – fitur perbelanjaan yakni
menjual pulsa elektronik, tiket kereta api, gas dan juga aqua galon yang tetap
ada persediaanya. Sehingga membuat animo masyarakat sangat tinggi dalam
melakukan kegiatan belanja di gerai ini, karena alasan kenyamanan, kemudahan
serta banyak fitur serta promo yang ditawarkan.
3.
Modal
BIAYA FRANCHISE
Rp 36.000.000 (+PPN)
BIAYA INVESTASI
Rp 300.000.000 – Rp 350.000.000
(Franchise Fee, Perijinan, Pembelian, Peralatan Elektronik dan Non elektronik)
BIAYA ROYALTI
Persentase Penjualan Bersih
Rp 0 – Rp. 175.000.000 -> 0 %
Rp 175.000.000 – 200.000.000 -> 2 %
Rp 200.000.000 – 225.000.000 -> 3 %
> Rp 225.000.000 -> 4 %
Rp 36.000.000 (+PPN)
BIAYA INVESTASI
Rp 300.000.000 – Rp 350.000.000
(Franchise Fee, Perijinan, Pembelian, Peralatan Elektronik dan Non elektronik)
BIAYA ROYALTI
Persentase Penjualan Bersih
Rp 0 – Rp. 175.000.000 -> 0 %
Rp 175.000.000 – 200.000.000 -> 2 %
Rp 200.000.000 – 225.000.000 -> 3 %
> Rp 225.000.000 -> 4 %
4.
Visi dan Misi serta Keunggulan
Visi dari Indomaret adalah :
Menjadi asset nasional dalam bentuk
jaringan ritel
waralaba
yang unggul dalam persaingan global.
Motto dari Indomaret adalah : Mudah dan hemat.
KEUNGGULAN :
- Bisnis Franchise
Indomaret merupakan yang pertama di Indonesia, dan merupakan pionner dalam
bidan ritel minimarket.
- Bisnis kami sudah
teruji dengan jumlah 10.000 gerai, namun lebih dari 32 % adalah Franchise.
- produk yang kami
sediakan fresh dan beragam baik itu kebutuhan sehari-hari, makanan siap
saji, hingga sayur dan buah tersedia di Indomaret.
- Mempunyai sistem
pembelian virtual, serta beragam promosi menggunakan Indomaret Card.
Budaya dari Indomaret adalah dalam bekerja kami menjunjung tinggi
nilai-nilai :
-
Kejujuran, kebenaran, dan keadilan
-
Kerja sama tim
-
Kemajuan melalui inovasi yang ekonomis
-
Kepuasan pelanggan
5.
Sistem Distribusi dan Pemasaran
a. Pusat distribusi
Sistem
distribusi dirancang seefisien mungkin dengan jaringan pemasok yang handal
dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia
yang kompeten, menjadi Indomaret memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.
Saat ini Indomaret memiliki 5 pusat distribusi di Ancol Jakarta, Cimanggis
Depok, Tangerang, Bandung dan Surabaya. Dengan menjalin lebih dari 400 pemasok,
Indomaret memiliki posisi baik dalam menentukan produk yang di jual.
b. Sistem Teknologi Informasi
Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat
dengan jumlah transaksi 8,4 juta transaksi perbulan di dukung oleh sistem
teknologi yang handal. Sistem teknologi informasi Indomaret pada setiap point
of sales di setiap gerai mencakup sistem penjualan, menyediakan dan penerimaan
barang. Sistem ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan.
Saat
ini dengan memperhatikan perkembangan jumlah gerai dan jumlah transaksi di masa
mendatang.
Indomaret
berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan belanja konsumennya dengan
menerapkan system check out yang menggunakan scanner di setiap kasir dan
pemasangan fasilitas fasilitas pembayaran di debit BCA. Indomaret menerapkan
digital picking system ( DPS ) pada setiap distribusinya. Sistem TI ini
memungkinkan pelayanan permintaan dan suplai barang dari pusat distribusi ke
toko-toko dengan tingkat kecepatan yang tinggi dan efisiensi yang optimal.
Pusat distribusi Indomaret berada di Jakarta, Cimanggis, Tangerang,
Surabaya.dan.Bandung.
c. Promosi
Sasaran
pasar Indomaret adalah konsumen kelas menengah. Lokasi gerai yang strategis
dimaksudkan untuk memudahkan Indomaret melayani sasaran
demografisnya yaitu keluarga. Strategi pemasaran Indomaret diitregasikan
dengan kegiatan promosi. Secara berkala Indomaret menjalankan program promosi
dengan berbagai cara, seperti memberikan harga khusus, undian berhadiah maupun
hadiah langsung.
Laju pertumbuhan gerai
Indomaret yang cepat dengan transaksi melebihi 45 juta struk per bulan, dapat
terlaksana karena didukung oleh sistem teknologi informasi yang andal. Sistem
tersebut terintegrasi pada setiap point of sales (POS) kasir di semua gerai
yang mencakup sistem penjualan, persediaan, dan penerimaan barang. Teknologi
di POS kasir tersebut sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan perkembangan
jumlah gerai dan transaksi pada masa depan.
Untuk mempercepat pelayanan dan kenyamanan berbelanja di kasir, Indomaret menggunakan pemindai (scanner barcode), pembayaran dengan Indomaret Card, Jak Card, pembayaran debit dan penarikan tunai dari berbagai bank.
Dalam bidang distribusi barang, Indomaret menerapkan Digital Picking System dan Tail Gate System pada setiap pusat distribusinya. Kedua sistem ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengiriman maupun penurunan barang di gerai Indomaret.
Untuk mempercepat pelayanan dan kenyamanan berbelanja di kasir, Indomaret menggunakan pemindai (scanner barcode), pembayaran dengan Indomaret Card, Jak Card, pembayaran debit dan penarikan tunai dari berbagai bank.
Dalam bidang distribusi barang, Indomaret menerapkan Digital Picking System dan Tail Gate System pada setiap pusat distribusinya. Kedua sistem ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengiriman maupun penurunan barang di gerai Indomaret.
Beberapa strategi
pemasaran yang diterapkan Indomaret dalam jangka pendek anatara lain :
“Harga Heboh” yaitu promosi mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk
produk-produk kebutuhan sehari-hari.
“Super Hemat” yaitu leaflet edisi 2 minggu yang mempromosikan produk-produk dengan harga
hemat sebagai panduan untuk konsumen belanja hemat.
“Promosi bulan ini” yaitu promosi bulanan atas produk tertentu dalam bentuk pemberian hadiah
langsung atau potongan harga.
Ancaman produk
pengganti baru bagi Indomaret adalah seperti peritel tradisional, supermarket
dan hypermarket yang menyedikan produk lebih lengkap dan relative harga lebih
rendah. Seperti penyediaan kebutuhan sehari-hari yang tidak hanya barang
sembako namun juga menyediakan sayur-sayuran, ikan segar dan bumbu dapur
lainnya yang menjadi kebutuhan sehari-hari.
Overal Cost Leadership (Kepemimpinan Biaya overal)
Keunggulan biaya
merupakan strategi yang paling jelas dari strategi generik. Dengan konsep ini,
perusahaan bersiap menjadi produsen berbiaya rendah di dalam industrinya.
Apabila perusahaan dapat mencapai dan mempertahankan keseluruhan keunggulan
biaya, maka perusahaan akan menjadi perusahaan berkinerja tinggi di dalam
industrinya asalkan perusahaan dapat menguasai harga pada rata-rata industri.
Strategi yang diterapkan Indomaret dengan menetapkan harga yang tepat dan
bersifat tetap dan memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan
pelanggan karena melihat kondisi konsumen yang membeli produk pada saat ini
peka terhadap harga dikarenakan perekonomian Negara.
Diferensiasi
(differentiation)
Dalam strategi diferensiasi, perusahaan berusaha menjadi unik dalam
industrinya pada berbagai dimensi yang secara umum dihargai oleh pembeli. Cara
melakukan diferensiasi berbeda untuk setiap Industri. Diferensiasi dapat
didasarkan pada produk itu sendiri. Sistem penyerahan produk yang dipergunakan
untuk menjualnya, pendekatan pemasaran, dan faktor lain. Perusahaan yang dapat
mencapai dan mempertahankan diferensiasi akan menjadi perusahaan berkinerja tinggi
dalam industrinya. Logika dari strategi diferensiasi mengharuskan perusaan
memilih atribut untuk mendiferensiasikan diri secara berbeda dengan atribut
pesaingnya.Untuk mempercepat pelayanan dan kenyamanan berbelanja dikasi,
Indomaret menggunakan scanner barcode, pembayaran dengan Indomaret Card, Jack
Card.
- Juga memanfaatkan
T Cash memanfaatkan teknologi pembelian dan pembayaran digital menggunakan
ponsel secara Tap N Go, fasilitas ini dapat dinikmati konsumen diseluruh
gerai Indomaret dan
- Pesan Antar Ambil
Indomaret (PAAI) sejalan dengan perkembangan dunia ritel dan kebutuhan pelanggan, Indomaret terus
melakukan inovasi baru dalam pengembangan produk dan jasa, antara lain:
Pesan Antar Ambil Indomaret yang memungkinkan konsumen memesan produk yang
tidak dipajang di toko (ice cream tart, ponsel, furniture, karangan bunga
dan lain lain) dan diantar kerumah konsumen.
6.
Aktivitas Indomaret dan Penghargaan yang telah diraih
Setiap tahun, Indomaret membagikan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu di
sekitar toko Indomaret. Tahun 2009, beasiswa diberikan kepada 1.300 siswa 260
sekolah dasar yang ada di Jawa, Bali, Madura dan Sumatera.
Indomaret hadir di Kidzania, Pacific Place Jakarta. Sebuah tempat bermain
anak-anak yang menyenangkan dan mendidik. Anak-anak dapat menjalankan profesi
seperti halnya staf karyawan Indomaret, dan belajar tentang sistem retail
modern.
Festival Vokal Group Indomaret (FOGI) merupakan inisiatif Indomaret untuk
memfasilitasi talenta kaum muda Indonesia yang berbakat dalam dunia tarik
suara, khususnya vokal grup. Diadakan setiap tahun di kota-kota besar, untuk
kemudian Final di Jakarta. Tahun 2010 para pemenang FOGI mendapatkan kesempatan
untuk bertanding dalam kejuaraan dunia vokal grup, World Choir Games di Shaoxing, Tiongkok, dan meraih juara pertama.
Indomaret berkomitmen terhadap lingkungan, dengan digunakannya plastik
ramah lingkungan, oxi-degradable untuk seluruh jaringan
tokonya.
Indomaret Mobil hadir di event keramaian
Indomaret juga melakukan ajang lomba kreatifitas buat anak-anak Taman
Kanak-kanak yang ingin mengembangkan bakat mewarnai dan sudah dilaksanakan di
berbagai wilayah indonesia dan salah satunya di Indomaret Bakti ABRI Sukatani, Depok.
FIFA menunjuk Indomaret sebagai retail produk resmi FIFA World Cup 2010. Pada
tahun 2012, Indomaret menjadi sponsor utama pertunjukkan grup band asal korea,
yaitu Wonder Girls dan 2PM. Konser Wonder Girls diadakan di Tenis Indoor
Senayan, sedangkan 2PM diadakan di MEIS Taman Impian Jaya Ancol. Akhir Tahun
2013, Indomaret meluncurkan i-Mobil, Indomaret Mobil, sebuah konsep toko
portable untuk mengunjungi konsumen Indomaret pada event-event keramaian.
Penghargaan :
1.
Piala
Waralaba 2003
2.
Top
Franchise ASEAN 2009
3.
Top
250 Indonesia Original Brands
4.
Indonesia
Original Brands 2012
5.
Franchise
Brand Awareness Survey, Franchise TOP of Minds 2013
6.
Social
Media Award 2013
7.
Indonesia
Most Favorite Youth Brand 2014
8.
Excellent
Service Experience Award 2014
9.
Superbrands
2014
10. Franchise & Business Opportunity,Pioneer Brand Indonesia
11. Franchise & Business Opportunity, Market Leader 2014
12. Franchise & Business Opportunity, Fastest Growinng 2014
13. Roy Morgan, Costumer Satisfaction Award 2012
BY : Sandy
Jarsan
No comments:
Post a Comment