Thursday, February 25, 2016

kewirausahaan: Indomaret Menatap Pasar


Usaha Indomaret Menatap Pasar

Nama Brand
: Indomaret
Tahun Berdiri
: 1988
Badan Hukum
: PT. Indomarco Prismatama
Pemilik
: PT. Indomarco Prismatama
Jumlah Outlet
: Lebih dari 10.000

1.     Latar Belakang
Indonesia dengan jumlah penduduk ke-empat terbanyak di dunia memiliki potensi yang besar bagi pasar ritel. Sejalan dengan berkembangnya waktu dan perubahan gaya hidup masyarakat yang berpengaruh pada pola konsumtif atau gaya belanja, kegiatan bisnis ritel atau bisnis eceran modern di Indonesia. Industri ritel tumbuh pesat dengan menjamurnya pasar modern.Yang dimaksud dengan pasar modern adalah swalayan yang mana pelayanannya dilakukan sendiri oleh konsumen karena toko tidak menyediakan pramuniaga yang khusus melayani konsumen. Bentuk kegiatan perdagangan eceran modern yang bergerak pada sektor industri ritel umumnya berupa hypermarket, supermarket, minimarket. Dengan adanya bisnis ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat modern saat ini yang menginginkan sesuatu yang efektif dan efisien.
Indomaret adalah jaringan peritel waralaba di Indonesia. Indomaret merupakan salah satu anak perusahaan Grup Salim. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan "Perusahaan Waralaba 2003" dari Presiden Megawati Soekarnoputri. Hingga 2014 Indomaret mencapai 10.600 gerai. Dari total itu 2.444 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1.817 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogjakarta, Bali, Lampung, Medan, Palembang, dan Samarinda. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto "mudah dan hemat". Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non-makanan tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Didukung oleh 12 pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Pada awal tahun 2011, Indomaret mengubah logo baru, yaitu logo Indomaret di dalam kotak berwarna merah, biru dan kuning dari atasnya. Keberadaan Indomaret diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir, BSD Plaza dan Charmant.

2.     Sejarah Muncul dan berkembangnya Indomaret
Bisnis waralaba kini telah menjamur di Indonesia. Perkembangannya yang pesat mengindikasikan sebagai salah satu bentuk investasi yang menarik, sekaligus membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri dengan tingkat kegagalan yang rendah. Meski bisnis waralaba yang ditawarkan semakin beragam, namun untuk menjatuhkan pilihan terhadap bisnis waralaba secara tepat, terkadang mengalami kesulitan. Padahal pilihan awal akan sangat menentukan. Ada hal mendasar dalam menentukan pilihan. Paling tidak bidang usahanya stabil dan berprospek serta track record pewaralaba (franchisor) baik dan berpengalaman. Sebagai strategi ekspansi yang melibatkan modal pihak lain, bisnis waralaba mau tidak mau harus transparan dan konsepnya saling menguntungkan serta saling percaya di antara pewaralaba dengan terwaralaba (franchisee). Minimal selama 5 tahun bisnis waralaba tersebut mampu membuktikan sebagai perusahaan sehat, yang didukung oleh sistem dan format bisnis.yang.telah.teruji.
Bidang usaha yang relatif stabil adalah bisnis ritel. Di Indonesia bisnis ini terus berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket. Indomaret yang tetap konsisten berkecimpung di bidang minimarket (lokal) dikelola secara profesional dan dipersiapkan memasuki era globalisasi. Tahun 1997 Indomaret melakukan pola kemitraan (waralaba) dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai Indomaret. Pola waralaba ini ditawarkan setelah Indomaret terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai , yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang baik. Pengalaman panjang yang telah teruji itu mendapat sambutan positif masyarakat, terlihat dari meningkat tajamnya jumlah gerai waralaba Indomaret, dari 2 gerai pada tahun 1997 menjadi 1097 gerai pada Mei 2008. Program waralaba Indomaret yang tidak rumit terbukti dapat diterima masyarakat. Bahkan, sinergi pewaralaba (Indomaret) dan terwaralaba (masyarakat) ini merupakan salah satu keunggulan domestik dalam memasuki era globalisasi.
Dalam mencermati bisnis baru, kadang pebisnis hanya terfokus pada keuntungan finansial. Padahal banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh, khususnya yang membeli hak waralaba, dan Indomaret memberikan berbagai keuntungan sehingga dapat menjadi kekuatan bagi yang hendak memasuki dunia wirausaha.
PT. Indomarco Prismatama adalah perusahaan swasta nasional pengelola jaringan minimarket Indomaret dengan akta notaries No. 207 dan SIUP No.789/0902/PB/XII/88. Indomaret merupakan salah satu jaringan minimarket di Indonesia yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Awal terbentuknya perusahaan ini dimulai dari sebuah toko Indomaret yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari hari yang pertama kali dibuka pada tahun 1987.
PT. Indomarco Prismatama mulai memperkenalkan sistem kemitraan kepemilikan dan pengelolaan gerai dengan cara waralaba dan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia. Pada Mei 2003, sistem waralaba Indomaret telah terbukti keberhasilannya dengan diperolehnya penghargaan dari Presiden Republik Indonesia saat itu yaitu Presiden Megawati Soekarno Putri sebagai Perusahaan Waralaba Nasional 2003. Hingga September 2010. Segmen pasar yang menjadi sasaran Indomaret adalah konsumen dari semua kalangan masyarakat sehingga penempatan lokasi gerai-gerai Indomaret dapat dengan mudah ditemukan di mana saja seperti daerah perumahan, gedung perkantoran, dan fasilitas umum. Penempatan lokasi gerai yang strategis, yang sesuai dengan motto Indomaret yaitu “Mudah dan Hemat”, ditujukan untuk memudahkan Indomaret melayani sasaran demografisnya yakni keluarga.
Hubungan kerja sama yang dijalin dengan lebih dari 500 pemasok membuat Indomaret memiliki posisi yang baik dalam menentukan produk-produk yang akan dijualnya. Selain itu, sistem distribusi yang didukung oleh jaringan pemasok yang handal dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia yang kompeten menjadikan Indomaret sangat efisien dalam mendistribusikan produknya sehingga Indomaret mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumennya. Strategi pemasaran Indomaret juga diintegrasikan dengan kegiatan-kegiatan promosi yang dilaksanakan sehingga Indomaret dapat secara berkala menjalankan berbagai program promosi seperti memberikan penawaran harga khusus, undian berhadiah maupun hadiah langsung. Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat dengan jumlah transaksi 14,99 juta transaksi per bulan juga didukung oleh sistem teknologi yang handal.
Sistem teknologi informasi Indomaret pada setiap point of sales di setiap gerai mencakup sistem penjualan, persediaan dan penerimaan barang. Semua hal diatas ditunjukan dengan pengelolaan struktur organisasi yang sistematis, yaitu terdiri dari atasan sampai kepada penjaga toko / gerai indomaret memiliki tugas pokok dan fungsi masing – masing dala hal mencapai visi dan misi. Tidak hanya itu Indomaret sendiri memiliki sistem distribusi yang dirancang seefisien mungkin dengan jaringan pemasok yang handal dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia yang berkompeten, menjadikan Indomaret memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.
Dalam hal sasaran pasar indomaret, adalah konsumen semua kalangan masyarakat. Lokasi gerai yang strategis dimaksudkan untuk memudahkan indomaret melayani sasaran domografisnya yaitu keluarga. Strategi pemasaran indomaret diintegrasikan dengan kegiatan promosi. Secara berkala indomaret menjalankan program promosi dengan berbagai cara, seperti memberikan harga khusus, undian berhadiah maupun hadiah langsung.
Kemunculan gerai indomaret ternyata tidak serta merta membawa perubahan ataupun kebaikan kepada semua kalangan (konsumen maupun pedagang kecil /grosir). Tersebarnya gerai – gerai tersebut malah membawa dampak yang cukup negatif terhadap pedagang – pedagang grosir yang juga menawarkan barang seperti di gerai indomaret. Akan tetapi gerai – gerai indomaret bukan usaha perorangan namun satu badan usaha yang dikelola dengan sistem perkulakan, yakni barang – barang yang akan dipasarkan didapatkan dari PT Indomarko sehingga barang akan selalu ada tidak tergantung pada modal usaha. Hal tersebut diatas semakin membuat terpuruknya omset pedagang grosir yang hanya menawarkan harga sesuai dengan biasanya.
Gerai indomaret juga melakukan inovasi terhadap fitur – fitur perbelanjaan yakni menjual pulsa elektronik, tiket kereta api, gas dan juga aqua galon yang tetap ada persediaanya. Sehingga membuat animo masyarakat sangat tinggi dalam melakukan kegiatan belanja di gerai ini, karena alasan kenyamanan, kemudahan serta banyak fitur serta promo yang ditawarkan.

3.     Modal
BIAYA FRANCHISE
Rp 36.000.000 (+PPN)
BIAYA INVESTASI
Rp 300.000.000 – Rp 350.000.000
(Franchise Fee, Perijinan, Pembelian, Peralatan Elektronik dan Non elektronik)
BIAYA ROYALTI
Persentase Penjualan Bersih
Rp 0 – Rp. 175.000.000 -> 0 %
Rp 175.000.000 – 200.000.000 -> 2 %
Rp 200.000.000 – 225.000.000 -> 3 %
> Rp 225.000.000 -> 4 %
4.     Visi dan Misi serta Keunggulan
Visi dari Indomaret adalah     : Menjadi asset nasional dalam bentuk jaringan ritel       
  waralaba yang unggul dalam persaingan global.
Motto dari Indomaret adalah : Mudah dan hemat.
KEUNGGULAN :
  • Bisnis Franchise Indomaret merupakan yang pertama di Indonesia, dan merupakan pionner dalam bidan ritel minimarket.
  • Bisnis kami sudah teruji dengan jumlah 10.000 gerai, namun lebih dari 32 % adalah Franchise.
  • produk yang kami sediakan fresh dan beragam baik itu kebutuhan sehari-hari, makanan siap saji, hingga sayur dan buah tersedia di Indomaret.
  • Mempunyai sistem pembelian virtual, serta beragam promosi menggunakan Indomaret Card. 
Budaya dari Indomaret adalah  dalam bekerja kami menjunjung tinggi nilai-nilai :
        -          Kejujuran, kebenaran, dan keadilan
        -          Kerja sama tim
        -          Kemajuan melalui inovasi yang ekonomis
        -          Kepuasan pelanggan
5.     Sistem Distribusi dan Pemasaran
a.      Pusat distribusi
Sistem distribusi dirancang seefisien mungkin dengan jaringan pemasok yang handal dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia yang kompeten, menjadi Indomaret memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Saat ini Indomaret memiliki 5 pusat distribusi di Ancol Jakarta, Cimanggis Depok, Tangerang, Bandung dan Surabaya. Dengan menjalin lebih dari 400 pemasok, Indomaret memiliki posisi baik dalam menentukan produk yang di jual.
b.     Sistem Teknologi Informasi
             Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat dengan jumlah transaksi 8,4 juta transaksi perbulan di dukung oleh sistem teknologi yang handal. Sistem teknologi informasi Indomaret pada setiap point of sales di setiap gerai mencakup sistem penjualan, menyediakan dan penerimaan barang. Sistem ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan.
Saat ini dengan memperhatikan perkembangan jumlah gerai dan jumlah transaksi di masa mendatang.
Indomaret berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan belanja konsumennya dengan menerapkan system check out yang menggunakan scanner di setiap kasir dan pemasangan fasilitas fasilitas pembayaran di debit BCA. Indomaret menerapkan digital picking system ( DPS ) pada setiap distribusinya. Sistem TI ini memungkinkan pelayanan permintaan dan suplai barang dari pusat distribusi ke toko-toko dengan tingkat kecepatan yang tinggi dan efisiensi yang optimal. Pusat distribusi Indomaret berada di Jakarta, Cimanggis, Tangerang, Surabaya.dan.Bandung.
c.      Promosi
Sasaran pasar Indomaret adalah konsumen kelas menengah. Lokasi gerai yang strategis dimaksudkan untuk memudahkan Indomaret melayani  sasaran demografisnya yaitu keluarga. Strategi pemasaran Indomaret diitregasikan dengan kegiatan promosi. Secara berkala Indomaret menjalankan program promosi dengan berbagai cara, seperti memberikan harga khusus, undian berhadiah maupun hadiah langsung.

Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang cepat dengan transaksi melebihi 45 juta struk per bulan, dapat terlaksana karena didukung oleh sistem teknologi informasi yang andal. Sistem tersebut terintegrasi pada setiap point of sales (POS) kasir di semua gerai yang menca­kup sistem penjualan, persediaan, dan penerimaan barang. Teknologi di POS kasir tersebut sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan perkembangan jumlah gerai dan transaksi pada masa depan.
Untuk mempercepat pelayanan dan kenyamanan berbelanja di kasir, Indomaret menggunakan pemindai (scanner barcode), pembayaran dengan Indomaret Card, Jak Card, pembayaran debit dan penarikan tunai dari berbagai bank.
Dalam bidang distribusi barang, Indomaret menerapkan Digital Picking System dan Tail Gate System pada setiap pusat distribusinya. Kedua sistem ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengiriman maupun penurunan barang di gerai Indomaret.
Beberapa strategi pemasaran yang diterapkan Indomaret dalam jangka pendek anatara lain :
“Harga Heboh” yaitu promosi mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk produk-produk kebutuhan sehari-hari.
“Super Hemat” yaitu leaflet edisi 2 minggu yang mempromosikan produk-produk dengan harga hemat sebagai panduan untuk konsumen belanja hemat.
“Promosi bulan ini” yaitu promosi bulanan atas produk tertentu dalam bentuk pemberian hadiah langsung atau potongan harga.
Ancaman produk pengganti baru bagi Indomaret adalah seperti peritel tradisional, supermarket dan hypermarket yang menyedikan produk lebih lengkap dan relative harga lebih rendah. Seperti penyediaan kebutuhan sehari-hari yang tidak hanya barang sembako namun juga menyediakan sayur-sayuran, ikan segar dan bumbu dapur lainnya yang menjadi kebutuhan sehari-hari.
         Overal Cost Leadership (Kepemimpinan Biaya overal)
Keunggulan biaya merupakan strategi yang paling jelas dari strategi generik. Dengan konsep ini, perusahaan bersiap menjadi produsen berbiaya rendah di dalam industrinya. Apabila perusahaan dapat mencapai dan mempertahankan keseluruhan keunggulan biaya, maka perusahaan akan menjadi perusahaan berkinerja tinggi di dalam industrinya asalkan perusahaan dapat menguasai harga pada rata-rata industri.
Strategi yang diterapkan Indomaret dengan menetapkan harga yang tepat dan bersifat tetap dan memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan pelanggan karena melihat kondisi konsumen yang membeli produk pada saat ini peka terhadap harga dikarenakan perekonomian Negara.
      Diferensiasi (differentiation)
Dalam strategi diferensiasi, perusahaan berusaha menjadi unik dalam industrinya pada berbagai dimensi yang secara umum dihargai oleh pembeli. Cara melakukan diferensiasi berbeda untuk setiap Industri. Diferensiasi dapat didasarkan pada produk itu sendiri. Sistem penyerahan produk yang dipergunakan untuk menjualnya, pendekatan pemasaran, dan faktor lain. Perusahaan yang dapat mencapai dan mempertahankan diferensiasi akan menjadi perusahaan berkinerja tinggi dalam industrinya. Logika dari strategi diferensiasi mengharuskan perusaan memilih atribut untuk mendiferensiasikan diri secara berbeda dengan atribut pesaingnya.Untuk mempercepat pelayanan dan kenyamanan berbelanja dikasi, Indomaret menggunakan scanner barcode, pembayaran dengan Indomaret Card, Jack Card. 
  • Juga memanfaatkan T Cash memanfaatkan teknologi pembelian dan pembayaran digital menggunakan ponsel secara Tap N Go, fasilitas ini dapat dinikmati konsumen diseluruh gerai Indomaret dan 
  • Pesan Antar Ambil Indomaret (PAAI) sejalan dengan perkembangan dunia ritel  dan kebutuhan pelanggan, Indomaret terus melakukan inovasi baru dalam pengembangan produk dan jasa, antara lain: Pesan Antar Ambil Indomaret yang memungkinkan konsumen memesan produk yang tidak dipajang di toko (ice cream tart, ponsel, furniture, karangan bunga dan lain lain) dan diantar kerumah konsumen.
6.     Aktivitas Indomaret dan Penghargaan yang telah diraih
Setiap tahun, Indomaret membagikan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu di sekitar toko Indomaret. Tahun 2009, beasiswa diberikan kepada 1.300 siswa 260 sekolah dasar yang ada di Jawa, Bali, Madura dan Sumatera.
Indomaret hadir di Kidzania, Pacific Place Jakarta. Sebuah tempat bermain anak-anak yang menyenangkan dan mendidik. Anak-anak dapat menjalankan profesi seperti halnya staf karyawan Indomaret, dan belajar tentang sistem retail modern.
Festival Vokal Group Indomaret (FOGI) merupakan inisiatif Indomaret untuk memfasilitasi talenta kaum muda Indonesia yang berbakat dalam dunia tarik suara, khususnya vokal grup. Diadakan setiap tahun di kota-kota besar, untuk kemudian Final di Jakarta. Tahun 2010 para pemenang FOGI mendapatkan kesempatan untuk bertanding dalam kejuaraan dunia vokal grup, World Choir Games di ShaoxingTiongkok, dan meraih juara pertama.
Indomaret berkomitmen terhadap lingkungan, dengan digunakannya plastik ramah lingkungan, oxi-degradable untuk seluruh jaringan tokonya.
Indomaret Mobil hadir di event keramaian
Indomaret juga melakukan ajang lomba kreatifitas buat anak-anak Taman Kanak-kanak yang ingin mengembangkan bakat mewarnai dan sudah dilaksanakan di berbagai wilayah indonesia dan salah satunya di Indomaret Bakti ABRI Sukatani, Depok.
FIFA menunjuk Indomaret sebagai retail produk resmi FIFA World Cup 2010. Pada tahun 2012, Indomaret menjadi sponsor utama pertunjukkan grup band asal korea, yaitu Wonder Girls dan 2PM. Konser Wonder Girls diadakan di Tenis Indoor Senayan, sedangkan 2PM diadakan di MEIS Taman Impian Jaya Ancol. Akhir Tahun 2013, Indomaret meluncurkan i-Mobil, Indomaret Mobil, sebuah konsep toko portable untuk mengunjungi konsumen Indomaret pada event-event keramaian. 










Penghargaan :
1.     Piala Waralaba 2003
2.     Top Franchise ASEAN 2009
3.     Top 250 Indonesia Original Brands
4.     Indonesia Original Brands 2012
5.     Franchise Brand Awareness Survey, Franchise TOP of Minds 2013
6.     Social Media Award 2013
7.     Indonesia Most Favorite Youth Brand 2014
8.     Excellent Service Experience Award 2014
9.     Superbrands 2014
10.  Franchise & Business Opportunity,Pioneer Brand Indonesia
11.  Franchise & Business Opportunity, Market Leader 2014
12.  Franchise & Business Opportunity, Fastest Growinng 2014
13.  Roy Morgan, Costumer Satisfaction Award 2012




BY : Sandy Jarsan  

No comments:

Post a Comment